Cara Mengamankan Data Pribadi Dari Hacker

Cara Mengamankan Data Pribadi Dari Hacker

Cara Mengamankan Data Pribadi Dari Hacker

PULSATRANSFER.ID – Cara Mengamankan Data Pribadi Dari Hacker Seperti diketahui apabila saat ini banyak sekali hacker yang terus mengintai mangsanya terutama mengambil data milik seseorang dan biasanya mereka mendapatkan dengan berbagai cara seperti spam, kloning, spyware, dan lain sebagainya dengan tujuan memperoleh data pribadi seseorang yang pastinya nantinya digunakan untuk berbagai hal yang sangat tidak baik atau biasa dikenal dengan kejahatan cyber. Supaya Anda terhindar dari serangan hacker maka pastinya yang harus anda lakukan yaitu mengamankan data pribadi dari hacker dan untuk caranya sendiri kalian bisa mengikuti tutorial berikut ini.

Cara mengamankan data pribadi dari hacker yang akan kami bahas pada artikel kali ini bertujuan supaya memberikan edukasi untuk anda terutama yang aktif di medsos atau sering membuka aplikasi rekening dan lain sebagainya dikarenakan harus Anda pahami, apabila data pribadi didalamnya termasuk nama, alamat, email, password, lokasi, si databank, bang sampai KTP menjadi sesuatu hal yang sensitif.

Banyak dari warganet bertanya di Google tentang cara melindungi data pribadi di media sosial, cara melindungi data pribadi di HP, cara melindungi data pribadi dari pinjaman online, cara melindungi data pribadi di internet, cara agar data pribadi tidak bocor, dan lain sebagainya. Maka untuk menjadi solusi dari seluruh pertanyaan berikut adalah penjelasannya.

Cara Mengamankan Data Pribadi Dari Hacker

Di bawah ini adalah tutorial yang bisa kalian lakukan untuk menjaga data pribadi dari orang yang tidak bertanggungjawab diantaranya adalah sebagai berikut:

Memakai password tidak mudah ditebak

Salah satu hal yang sangat penting untuk kalian lakukan dan kalian perhatikan yaitu masalah password yang kalian pakai maka gunakanlah password yang memang sulit untuk ditebak, kalian bisa menggunakan kombinasi huruf dan angka dan selanjutnya menambahkan karakter pada password tersebut. Misalnya saja kalian membuat password seperti berikut ini: 318AAa5$

Selalu mengecek data secara berkala

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan data yang kalian miliki secara berkala dengan menggunakan website misalnya dari avast kalian bisa menggunakan link berikut: https://avast.com/hackcheck. Website tersebut bisa meminimalisir terkait keamanan data pribadi kalian supaya tidak bocor dan aman.

Mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication (2FA)

Selanjutnya kalian pun bisa mengamankan fitur 2fa atau Two-Factor Authentication dimana fitur ini biasa digunakan di media sosial seperti WhatsApp Facebook sampai Instagram dan dipastikan akan memberikan keamanan dan kenyamanan ketika bermedsos.

Kalian bisa memberikan keamanan saat bermesraan dengan mengaktifkan fitur ini dikarenakan nantinya akan muncul kode verifikasi melalui SMS telepon atau email sehingga akan lebih aman.

Meminjamkan data pribadi di medsos

Selanjutnya jangan sampai terlalu mengumbar data pribadi di media sosial seperti detail data pribadi yang ada di KTP dan lain sebagainya ketika kalian suka berinteraksi di media sosial, karena hal tersebut bisa dikumpulkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan bisa dimanfaatkan oleh penjahat cyber.

Tidak Klik tautan sembarangan

Harus waspada apabila zaman sekarang ini para hacker menggunakan cara apapun supaya bisa mendapatkan password dan data seseorang dan oleh karena itu apabila ada link mencurigakan maka janganlah sembarangan untuk mengklik tautan tersebut dikarenakan bisa saja apabila link tersebut adalah link jebakan yang nantinya bisa membobol akun kalian.

Biasanya di dalam istilah internet website palsu disebut dengan phising.

Tidak menyebar sembarangan

Ketika kalian menemukan atau memperoleh tautan Maka sangat recommended tidak disebarkan secara sembarangan terutama jika yang kalian sebar meminta data pribadi.

Pengaturan privasi di medsos

Kalian harus memperhatikan ketika menggunakan media sosial maka sangat recommended masalah pengaturan privasi haruslah ditentukan Siapakah orang yang bisa mengakses profil kalian atau berkomentar dan lain sebagainya supaya aman dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak sembarangan izin akses

Bagi kalian yang mempunyai smartphone Android ataupun iPhone maka ketika menginstal aplikasi apapun jangan sembarangan memberikan akses dikarenakan bisa saja aplikasi yang kalian install terutama diluar Google Play Store sangat berbahaya yang bisa merekam dan mencuri data pribadi yang ada pada ponsel.

No Comments

Post A Comment